Instalasi SIMRS

INSTALASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM – RS) adalah sistem komputerisasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur asministrasi untuk memperoleh informasi secara cepat, tepat dan akurat.

Instalasi SIMRS melayani 2 kegiatan pokok, yaitu dalam pelayanan kepada pelanggan internal yang merupakan pegawai pada unit kerja di Rumah Sakit berupa penanganan hardware, software, jaringan, penanganan printer serta backup data dan pelayanan kepada pelanggan eksternal yaitu kepada publik dengan memberikan informasi kepada masyarakat melalui sistem dan aplikasi yang dibuat oleh SIMRS seperti aplikasi Sipemandu sehingga dapat menjaga mutu pelayanan di RSJD Surakarta.

  • TUJUAN

Tujuan Umum

Tercapainya pelayanan di Instalasi SIMRS yang professional dan bermutu.

Tujuan Khusus

  1. Adanya rambu-rambu bagi petugas dalam melaksanakan pelayanannya.
  2. Memiliki tenaga ahli dan staf yang terampil di bidang IT.
  3. Merencanakan dan mengevaluasi kegiatan yang akan dan sudah dilaksanakan Instalasi SIMRS dan terkoordinirnya kegiatan-kegiatan di Instalasi SIMRS.
  • KEGIATAN POKOK DAN RINCIAN KEGIATAN

Produktifitas Pelayanan

  1. Kegiatan pengelolaan perangkat lunak komputer (software)
  2. Kegiatan pengelolaan perangkat keras komputer (hardware)
  3. Kegiatan pencadangan data (backup data)
  4. Kegiatan pengelolaan jaringan
  5. Kegiatan pengelolaan administrasi
  6. Kegiatan pembuatan program/aplikasi (programming)

Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM)

  1. Penilaian Kinerja Pegawai
  2. Orientasi Pegawai Baru
  3. Pelatihan

Peningkatan Mutu dan keselamatan pasien

  1. Pembuatan indikator mutu.
  2. Evaluasi indikator mutu di Instalasi SIMRS.
  3. Evaluasi kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di Instalasi SIMRS.
  4. Pemantauan ketepatan staff dalam melaksanakan tindakan sesuai prosedur.
  5. Mencegah risiko kehilangan data pasien.
  6. Mencegah risiko kerusakan alat jaringan yang berhubungan dengan billing.
  7. Mencegah risiko software terkena virus

Manajemen Fasilitas Rumah Sakit

  1. Pengadaan sarana dan prasarana
  2. Inventarisasi Alat hardware
  3. Melakukan afkir hardware yang sudah discontinue
  • EVALUASI DAN PELAPORAN PROGRAM KEGIATAN

Program kerja yang telah direncanakan oleh Instalasi SIMRS akan direalisasikan. Dalam pelaksanaan kegiatan akan selalu dilakukan pendokumentasian kegiatan yang dibuat dalam bentuk laporan kegiatan.