Waspadai Perilaku Bullying di Sekitar Kita

Perilaku bullying sudah tidak asing lagi kita dengar. Perilaku bullying merupakan perilaku menggunakan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain.

Belakangan sering ditemukan kasus-kasus bully di seluruh penjuru dunia. Istilah bully atau mem-bully teman sudah tidak asing lagi bagi para remaja khususnya pelajar. Dari hasil penelitian di Mumbai, pelaku dan korban bullying dipengaruhi oleh tipe kerpibadian dan gaya pengasuhan dari orangtua. Baik pelaku dan korban secara signifikan dipengaruhi oleh pola asuh otoriter yang dirasakan, sedangkan untuk tipe kepribadian baik dari pelaku maupun korban bullying secara signifikan dipengaruhi oleh tipe kepribadian yang neurotisme

Kasus bully di Indonesia juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Di pertengahan tahun 2017 pihak Kementerian Sosial sudah menerima ratusan pengaduan berkaitan dengan intimidasi atau bullying, dimana pengaduan tersebut diterima baik secara langsung maupun melalui via telepon. Pasalnya kasus bullying ini terus meningkat sejak tahun 2011 sampai akhir tahun 2017 dan telah ditemukan sebanyak ribuan kasus kekerasan fisik maupun psikis pada anak.

Berdasarkan klien yang ditangani di Instalasi Psikologi RSJD surakarta, perilaku bullying diidentifikasi menjadi salah satu faktor yang sangat dominan sehingga menyebabkan klien mengalami gangguan jiwa mulai dari dalam taraf ringan hingga berat.

Apakah bullying itu? Apa saja akibat dari bullying?  Tahu lebih banyak dengan download pdf di sini.

Mungkin Anda juga menyukai