Si Entos Pulang Lagi (Sistem Pengentasan ODS Pasung secara Paripurna, Lintas Sektor dan Terintegrasi) Pemulangan Pasien Pasung Ke Panti Rehabilitasi Ngudi Rahayu Kendal

Tn. T adalah ODS yang dipasung lebih dari 4 tahun. Dengan program Entos Pulang Lagi, Tn. T dievakuasi , dirawat di RSJD Surakarta. Selama di rawat, RSJD Surakarta bersama keluarga, masyarakat, dinas Kesehatan, dinas Sosial mencari solusi terbaik untuk Tn. T paska perawatan. Hari ini, 14/01/2020 Tn. T diantar keluarga ke Panti Rehabilitasi Ngudi Rahayu Kendal, rumah beliau untuk sementara.
RSJD Surakarta menghaturkan terima kasih pada semua pihak yg telah bekerjasama menghantarkan Tn. T pulang lagi.


Kasus pasung pada Orang dengan gangguan Jiwa (ODGJ) masih banyak terjadi. Bahkan pasung yang sudah dievakuasi dan mendapat perawatan RS ketika dikembalikan ke masyarakat ternyata kembali dipasung. Banyak faktor penyebab pasung dan repasung. Dibutuhkan kerjasama komprehensif dari berbagai elemen untuk mengentaskan pasung secara paripurna.
Entos Pulang Lagi (Pengentasan ODGJ pasung paripurna secara lintas sektor dan terintegrasi merupakan program RSJD Surakarta. Program ini menggerakkan pemberdayaan masyarakat baik Pre-hospital, Intra Hospital dan Post Hospital. Dengan kerjasama keluarga, masyarakat dan pemangku kepentingan kasus pasung bisa ditekan dan tidak terjadi kasus repasung.
#inovasi #rsjddraz #rsjdaz #rsjdsurakarta #rumahsakitkeren #melayanilebihbaik #jatenggayeng

Mungkin Anda juga menyukai