Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/rsjdsura/public_html/wp-blog-header.php:56) in /home/rsjdsura/public_html/wp-content/plugins/quick-chat/quick-chat.php on line 262
Mengenal dan Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus – RS Jiwa Daerah Surakarta

Mengenal dan Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus

(Oleh : Ismiyati Yuliatun, S.Psi.,Psikolog – RSJD Surakarta)

Setiap orangtua menghendaki kehadiran seorang anak. Anak yang diharapkan oleh orangtua adalah anak yang sempurna tanpa memiliki kekurangan. Pada kenyataannya, tidak ada satupun manusia yang tidak memiliki kekurangan. Manusia tidak ada yang sama satu dengan lainnya. Seperti apapun keadaannya, manusia diciptakan unik oleh Sang Maha Pencipta.

Setiap orang tidak ingin dilahirkan di dunia ini dengan menyandang kelainan maupun memiliki kecacatan. Orang tua juga tidak ada yang menghendaki kelahiran seorang anak yang  menyandang kecacatan atau berkebutuhan khusus.

Kelahiran seorang anak berkebutuhan khusus tidak mengenal berasal dari keluarga kaya, keluarga berpendidikan, keluarga miskin, keluarga yang taat beragama atau tidak. Orangtua juga tidak mampu menolak kehadiran anak berkebutuhan khusus.

Sebagai manusia, anak berkebutuhan khusus memiliki hak untuk tumbuh dan berkembang di tengah-tengah keluarga, masyarakat dan bangsa. Ia memiliki hak untuk sekolah sama seperti saudara lainnya yang tidak memiliki kelainan atau normal.

Ketika hadir anak bekebutuhan khusus dalam sebuah keluarga, maka dituntut adanya sikap yang bijaksana sehingga dapat mendukung  berlangsungnya pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal. Selanjutnya diharapkan anak akan mampu untuk berdayaguna dalam kehidupannya.

Simak lebih lanjut dengan download artikel dengan klik di sini .

Mungkin Anda juga menyukai