Kunjungan Lapangan Peserta Pelatihan Kearsipan

Serombongan orang dengan berseragan putih hitam terlihat menuruni bis dan memasuki gedung Diklat RSJD Dr. Arif Zainudin (11/6). Sebanyak 45 orang peserta Pelatihan Teknis Manajemen Kearsipan yang diselenggarakan oleh BPSDMD Provinsi Jawa Tengah sedang melakukan kunjungan lapangan untuk menambah referensi dan mengetahui praktik pelaksanaan manajemen kearsipan (pengelolaan arsip dinamis) di  rumah sakit ini. Rombongan yang dipimpin oleh Winarti Agustiningtyas ini akan mengikuti serangkaian acara dari pukul 09.00 hingga siang. Dalam kesempatan sambutannya, Winarti menyampaikan alasannya mengapa RSJD AZA yang dipilih sebagai tujuan kunjungan peserta pelatihan.

“ RSJD Dr. Arif Zainudin telah mendapatkan prestasi terbaik di Provinsi JawaTengah selama dua kali berturut-turut, itulah yang menjadikan alasan bagi kami untuk membawa peserta pelatihan kerkunjung kesini. Agar mereka dapat mendapatkan ilmu praktis tentang pengelolaan kearsipan, yang dapat dimanfaatkan untuk diterapkan di instansi asal” demikian penjelasannya.

“Masukan ini kami dapatkan dari narasumber pelatihan, Dinas Arpus bahwa pengelolaan kearsipan di RSJD Dr. Arif Zainudin ini sangat bagus” tambahnya.

Wakil Direktur Umum dan Keuangan, Khusnul Anwar, SKM, M. Kes membenarkan apa yang disampaikan oleh pimpinan rombongan, bahwa pengelolaan kearsipan di RSJD AZA ini telah mendapatkan apresiasi dari Provinsi Jawa Tengah. “Karena itu maka kami sering mendapat kunjungan studi tiru tentang pengelolaan kearsipan” jelasnya. Dia juga menambahkan, bahwa prestasi tersebut selain karena usaha keras dari para arsiparis di RSJD AZA, juga hasil bimbingan dari Dinas Arpus Provinsi Jawa Tengah. “Jadi, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Dyah dari Dinas Arpus, semoga tidak jera untuk terus membimbing kami sehingga pengelolaan arsip ditempat kami akan terus mengalami perbaikan” demikian sambutannya seraya mengucapkan terima kasih kepada Dyah Wahyuningsih, SH, MH dari Dinas Arpus yang kali ini ikut hadir mendampingi rombongan.

Baca juga: Studi Banding Pengelolaan Kearsipan RSJD Dr Amino Gondohutomo Semarang di RSJD Surakarta 

Selepas acara penerimaan di Aula Abiyasa, peserta diajak menuju gedung record center, yaitu tempat penyimpanan arsip inaktif yang telah dikelola oleh unit pencipta arsip yang masa retensinya telah habis. Didalam ruangan ini, dalam posisi lesehatan peserta mendapatkan penjelasan dari para  arsiparis RSJD AZA, Shinta Armita Sari, Amd dan Febri Rositaftri, Amd. Sambil berdiskusi, diperlihatkan tatacara penyimpanan arsip dengan berbagai jenis sesuai dengan ketentuan. Diskusi yang lebih seru dilanjutkan setelah peserta terbagi 4 kelompok menuju penyimpanan arsip aktif pada bidang dan bagian di RSJD AZA. Asiknya diskusi sehingga tidak terasa waktu telah menunjukkan angka 12.30 sehingga para peserta harus mengakhiri diskusi dan observasi lapangan.

Pada kesempatan kali ini, para peserta kunjungan mendapatkan ekstra menu berupa hospital tour dengan berjalan menyusuri area healing garden dan dilanjutkan berkeliling dengan diantar golfcar milik RSJD AZA yang sengaja disediakan untuk mengantarkan para tamu yang berkunjung (TAT)

Mungkin Anda juga menyukai